Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang telah menyusun 20 standar pelayanan yang terdiri dari :

a. Standar Pelayanan Bidang Pendaftaran Penduduk

– Kartu Keluarga

– Kartu Identitas Anak

– Perekaman dan KTP Pemula

– Pelaporan KTP Perubahan, Hilang dan Rusak

– Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) Orang Asing

– Surat Keterangan Pengganti KTP (Suket)

– Surat Pindah WNI Antar Kabupaten/Kota

– Surat Datang WNI Antar Kabupaten/Kota

– Pembatalan Surat Pindah

– Penerbitan Legalisir Dokumen Kependudukan

b. Standar Pelayanan Bidang Pencatatan Sipil

– Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran

– Penerbitan Kutipan II Akta Kelahiran

– Penerbitan Pelaporan Kelahiran Luar Negeri

– Penerbitan Kutipan Akta Perkawinan

– Penerbitan Kutipan Akta Perceraian

– Penerbitan Catatan Pinggir Karena Perubahan Nama, Perubahan Status Kewarganegaraan dan Pengangkatan Anak

– Penerbitan Kutipan Akta Pengakuan dan Akta Pengesahan Anak

– Penerbitan Kutipan Akta Kematian

– Penerbitan Laporan Perkawinan Luar Negeri

– Penerbitan Laporan Kematian Luar Negeri

C. Komponen Standar Pelayanan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang menetapkan dan menerapkan komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi :

1. Persyaratan

Dalam proses penyelenggaraan pelayanan, persyaratan harus dapat dipenuhi baik teknis ,maupun administrasi, agar memperhatikan prinsif kesederhanaan , keterkaitan, konsistensi dan akuntabilitas. Persyaratan dalam pelayanan di bidang kependudukan Pencatatan Sipil mengacu pada Pepres Nomor 96 tahun 2018.

2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

Sistem, mekanisme dan prosedur adalah merupakan tata cara pelayanan yang dibakukan untuk setiap jenis pelayanan untuk menunjang tertib dalam pelaksanaan mekanisme dan prosedur dengan memperhatikan prinsif kesederhanaan dan akuntabilitas.

3. Jangka Waktu Penyelesaian

Adapun jangka waktu penyelesaian pelayanan di bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil Kota Palembang adalah tak lepas dari mekanisme prosedur atau Standar Operasionan Prosedur yang sudah ada sebelumnya, dengan ketentuan berkas lengkap dan tidak ada gangguan teknis.

4. Biaya atau Tarif

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang tidak memungut biaya (gratis) , hal ini mengacu pada Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

5. Produk Pelayanan

Adapun produk pelayanan yang telah disusun Standar Pelayanannya pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah sebagai berikut :

a. Bidang Pendaftaran Penduduk

– Kartu Keluarga

– Kartu Identitas Anak

– Perekaman dan KTP Pemula

– Pelaporan KTP Perubahan, Hilang dan Rusak

– Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) Orang Asing

– Surat Keterangan Pengganti KTP (Suket)

– Surat Pindah WNI Antar Kabupaten/Kota

– Surat Datang WNI Antar Kabupaten/Kota

– Pembatalan Surat Pindah

– Penerbitan Legalisir Dokumen Kependudukan

b. Bidang Pencatatan Sipil

– Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran

– Penerbitan Kutipan II Akta Kelahiran

– Penerbitan Pelaporan Kelahiran Luar Negeri

– Penerbitan Kutipan Akta Perkawinan

– Penerbitan Kutipan Akta Perceraian

– Penerbitan Catatan Pinggir Karena Perubahan Nama, Perubahan Status Kewarganegaraan dan Pengangkatan Anak

– Penerbitan Kutipan Akta Pengakuan dan Akta Pengesahan Anak

– Penerbitan Kutipan Akta Kematian

– Penerbitan Laporan Perkawinan Luar Negeri

– Penerbitan Laporan Kematian Luar Negeri

6. Penanganan Pengaduan, Saran Dan Masukan

Untuk penanganan pengaduan, saran dan masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang menyediakan Kotak Saran yang diletakkan di ruang pelayanan, menyiapkan layanan Suvei Kepuasan masyarakat (SKM) yang dilakukan secara berkala, dan menyiapkan layanan pengaduan memalui media social.