Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang
   MARI KITA SUKSESKAN PENERAPAN KTP ELEKTRONIK 2011. YANG INSYA'ALLAH PELAKSANAANNYA PADA BULAN AGUSTUS 2011.   INGAT KTP ELEKTRONIK GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2011 INI LHOOO. PADA TAHUN 2012 BAYAR LHOOO, MANO MAHAL PULO HARGONYO.  
Bahasa
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
 
Waktu Palembang
 
Jadwal Sholat
Palembang
Imsak04:31 WIB
Subuh04:41 WIB
Syuruq05:57 WIB
Dzuhur12:01 WIB
Ashar15:20 WIB
Maghrib18:02 WIB
Isya19:11 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
 
Kalender
APRIL 2014
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30        
             
 
Pengunjung
Tahun ini3544
Bulan ini911
Hari ini44
Online1
31079
Sejak : 03/11/2009
 

Portal Nasional Republik Indonesia

Departemen Dalam Negeri RI

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Provinsi Sumatera Selatan

Visit Indonesia 2009

Pemerintah Kota Palembang

Beranda > Berita > Pemerintah Kota Palembang

Persyaratan pembuatan akte di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

08/08/2010 20:13:47 WIBOleh : Admin Dinas Kependudukan dan C

A. PENDAHULUAN
Pelayanan pendaftaran penduduk dilaksanakan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
1. Untuk mencapai tertib administrasi kependudukan.
2. Untuk memperoleh data kependudukan yang akurat sebagai dasar pengambilan keputusan.
3. Hasil dari pendaftaran penduduk adalah diterbitkannya bukti identitas diri sebagai           penduduk yang sah.
4. Bukti identitas diri yang sah merupakan dasar untuk mengurus berbagai kepentingan bagi penduduk yang bersangkutan.

B. DASAR HUKUM
1. Undang-Undang nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.
2. Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 25 Tahun 2008 tentang persyaratan dan tata cara        Pendaftaran dan Pencatatan Sipil.
3. Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 02 Tahun 2009 tentang penyelenggaraan                  Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
4. Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 03 Tahun 2009 tentang Retribusi Pelayanan              Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.


C. PENGERTIAN
1. Penduduk adalah setiap orang baik warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara           asing (WNA) yang bertempat tinggal tetap di dalam wilayah Indonesia dan telah memenuhi       ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2. Pendaftaran penduduk adalah kegiatan penelitian dan pencatatan data penduduk akibat          terjadinya kelahiran,kematian,perpindahan,kedatangan,perubahan status kependudukan dan       mutasi data.
3. Azas Pendaftaran penduduk menganut azas domisili,artinya setiap penduduk didaftar            dimana yang bersangkutan bertempat tinggal.
4. Pencatatan sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang pada  register catatan sipil oleh unit yang mengelola pendaftaran penduduk dan pencatatan          sipil.

D. OUTPUT
Bentuk keluaran dari kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil adalah sebagai       berikut :
I   .  Kartu Keluarga (KK)
II  .  Kartu Tanda Penduduk (KTP)
III .  Surat Keterangan Pindah Datang
IV  .  Akta Kelahiran
V   .  Akta Perkawinan
VI  .  Akta Perceraian
VII .  Akta Kematian
VIII.  Akta Pengakuan dan Pengesahan Anak
IX  .  Perubahan Akta
X   .  Salinan Akta
XI  .  KIPEM
XII .  KNIK
XIII.  SBPOA

E. SANKSI ADMINISTRATIF
(PERDA NOMOR 02 TH 2009 Tentang Penyelenggaraan Kependudukan dan Pencatatan Sipil)
Pasal 78
Setiap penduduk dikenakan sanksi administrasi berupa denda apabila melampui batas waktu      pelaporan peristiwa penting.

I. KARTU KELUARGA.

PENGERTIAN :

- kARTU KELUARGA (kk) adalah kartu yang memuat data kepala keluarga dan semua anggota keluarg                                                                                                            - Setiap kepala keluarga wajib memiliki kartu keluarga (KK).                                             - Kartu keluarga (KK) terdiri dari kartu keluarga WNI dan kartu keluarga WNA.                     - Kartu keluarga diterbitkan untuk permohonan baru,dan apabila terjadi mutasi data dan      atau penggantian Kartu Keluarga (KK) karena hilang/rusak.
- Kartu Keluarga berlaku selama tidak ada mutasi data dari kepala keluarga dan atau           anggota keluarganya.

PERSYARATAN
1.surat pengantar dari RT/RW yang menyatakan bahwa penduduk yang bersangkutan bertempat        tinggal tetap dalam wilayah kota Palembang tapi belum memiliki Kartu Keluarga (KK).
2.Kartu Keluarga (KK) lama bagi penduduk yang telah mempunyai kartu keluarga lama,tetapi       ada perubahan data kepala keluarga dan atau anggota keluarga.
3.Akta perkawinan/akta nikah/akta perceraian.
4.Akta kelahiran/kematian.
5.Surat keterangan ganti nama (bagi yang telah ganti nama).
6.Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia (SKBRI).
7.Bagi warga negara asing (WNA) harus melampirkan :
- Kitap dari kantor imigrasi.
- Surat Bukti Pelaporan Orang Asing (SBPOA) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan             Sipil.
- Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dari kepolisian.

II.KARTU TANDA PENDUDUK

PENGERTIAN :
* kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah kartu sebagai bukti diri (LEGITIMASI) bagi setiap          penduduk dalam wilayah Republik Indonesia.
*Setiap penduduk yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah/pernah kawin wajib      memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
* Masa berlaku Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berusia 17 (tujuh belas) tahun sampai           dengan dibawah 60 (enam puluh) tahun keatas selama 5 (lima) tahun sedangkan kartu tanda      pengenal (KTP) berlaku seumur hidup bagi yang berusia 60 (enam puluh) tahun keatas           kecuali bagi Warga Negara Asing (WNA). 
* KTP ditertibkan untuk permohonan baru apabila terjadi mutasi data,penggantian KTP            karena rusak/hilang dan atau habis masa berlaku.

PERSYARATAN :
1. Surat pengantar dari RT/RW yang menyatakan bahwa penduduk yang bersangkutan adalah           bertempat tinggal tetap dalam wilayah Kota Palembang dan diketahui oleh lurah.
2. Kartu Keluarga (KK).
3. KTP lama bagi yang memperpanjang KTP.
4. Untuk Warga Negara Asing (WNA) haruslah melampirkan.
- Pengantar RT yang diketahui lurah.
- Pasport.
- Kitap/kitas dari kantor imigrasi.
- Surat bukti pelaporan orang asing (SBPOA) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan             Sipil Kota Palembang.
- Surat keterangan lapor diri dari kepolisian (SKLD).

III. SURAT KETERANGAN PINDAH DATANG
a. Penduduk warga negara indonesia yang pindah dalam wilayah negara kesatuan republik           indonesia wajib melapor kepada Instansi Pelaksana di Daerah asal untuk mendapatkan           Surat Keterangan Pindah Datang. 
b. Berdasarkan Surat Keterangan Pindah sebagaimana dimaksud diatas penduduk yang                bersangkutan wajib melapor kepada Instansi Pelaksana di Daerah tujuan untuk                  penerbitan Surat Keterangan Pindah Datang.
c. Surat Keterangan Pindah Datang digunakan sebagai dasar perubahan/penerbitan KK dan   KTP bagi penduduk yang bersangkutan.

PERSYARATAN :
1. Surat Pengantar dari kecamatan.
2. Pas Photo 3x4= 2 lembar.
3. Melampirkan KTP asli bagi yang telah berusia diatas 17 tahun atau sudah pernah               menikah.
4. Kartu Keluarga.

IV. AKTA KELAHIRAN
Bagi yang belum mempunyai Akta Kelahiran dapat mencatatkan peristiwa kelahiran dengan        cara :
A. Untuk yang baru lahir sampai dengan berumur 2 (dua) bulan/60 (enam puluh) hari/tidak         terlambat,diterbitkan Akta Kelahiran gratis.
B. Untuk yang lahir melampui batas waktu 60 (enam puluh) hari sampai dengan 1 (satu)            tahun sejak kelahirannya,pencatatan dilaksanakan setelah mendapat persetujuan Kepala         Instansi Pelaksana setempat.
C. Masa berlaku dispensasi pembuatan Akta Kelahiran akan berakhir pada tanggal 31         Desember 2010.
D. Sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri RI tanggal 10 Agustus 2009 Nomor 472                11/2945/59 bahwa setelah tanggal 31 Desember 2010 tidak ada lagi perpanjangan masa           dispensasi.
E. Mulai 1 Januari 2011,penerbitan Akta Kelahiran anak yang usianya diatas 60 (enam             puluh) hari,harus melalui Penetapan Pengadilan (sesuai dengan pasal 32 UU No 23 Tahun        2006 tentang Administrasi Kependudukan.
F. Bagi penduduk warga Kota Palembang yang belum memiliki Akta Kelahiran dihimbau agar          segera membuat Akta Kelahiran dengan menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan           Sipil Kota Palembang.

PROSEDUR PELAKSANAAN
Persyaratan Pendaftaran Kelahiran :
1. Surat Bukti Kelahiran dari Rumah Sakit/Bidan/STTB (bagi yang telah memiliki)
2. Surat Nikah/Akta Perkawinan.
3. KTP dan Kartu Keluarga (yang telah memuat nama anak yang dimohonkan akta).
4. Bagi WNA melampirkan Dokumen Imigrasi dan SBPOA dari Dinas Kependudukan dan       Pencatatan Sipil.

V.AKTA PERKAWINAN
Setelah diundangkan Undang-Undang No.1 Tahun 1974  dan Peraturan-Peraturan Pemerintah No.9   Tahun 1975,maka pencatatan perkawinan bagi mereka yang menganut agama selain islam           dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

PROSEDUR PELAYANAN  :
Persyaratan Untuk Pendaftaran Pencatatan Perkawinan.
a. Surat Pemberkatan/Bukti Perkawinan Agama yang bersangkutan.
b. Akta kelahiran masing-masing yang bersangkutan.
c. KTP dan Kartu Keluarga  masing-masing yang bersangkutan.
d. Surat keterangan untuk perkawinan dari kelurahan.
e. Pas foto berdampingan ukuran 4x6 cm sebanyak 3 lembar.
f. Akta Perceraian/Akta Kematian jika yang bersangkutan pernah kawin.
g. Izin Komandan (bagi anggota TNI/Polri)
h. Pasport dan Surat Keterangan dari Kedutaan Besar/konsul bagi WNA bukan penduduk      indonesia.
Waktu penyelesaian akta perkawinan kurang lebih 2 (dua) hari.

VI.AKTA PERCERAIAN
Untuk mendapatkan akta perceraian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang          bersangkutan harus mendapat dulu putusan perceraian yang dikeluarkan oleh Pengadilan         Negeri setempat dan sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap,paling lambat 6 (enam)         bulan sesudah mempunyai kekuatan hukum tetap,harus didaftarkan ke Dinas Kependudukan dan     Pencatatan Sipil.

PROSES PENDAFTARAN PENCATATAN PERCERAIAN,YAITU :
1. Persyaratan Pendaftaran Perceraian
- Putusan Pengadilan Negeri yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap tentang             perceraian.
- Akta Perkawinan yang bersangkutan.
- Akta Kelahiran yang bersangkutan.
- Foto Copy KTP.
- Foto Copy Kartu Keluarga.
2. Waktu penyelesaian Akta Perceraian kurang lebih 2 (dua) hari.

VII. AKTA KEMATIAN
Apabila seseorang telah meninggal dunia maka kepada keluarganya segeralah mendaftarkan       peristiwa kematian tersebut agar dapat diterbitkan Akta Kematiannya.
Akta Kematian ini bermanfaat dalam hubungan dengan keperdataan selanjutnya,misalnya          perkawinan kedua,warisan,perwalian dan lain-lain.

PROSEDUR AKTA KEMATIAN :
1. Persyaratan Pendaftaran Akta Kematian
- Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit/dokter dan atau Surat Keterangan dari             Kelurahan (A5)
- Akta Kelahiran yang bersangkutan
- Akta Perkawinan yang bersangkutan (bagi yang sudah kawin)
- Surat Izin Kubur dari Dinas Pemakaman (bagi WNI keturunan dan WNA)
- Setiap kematian wajib dilaporkan oleh keluarganya atau yang mewakili kepada Instansi         Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal kematian.
- Pencatatan kematian yang melebihi jangka waktu 30 hari kerja,harus melalui SK                Walikota untuk pendaftaran akta kematian istimewa.

2. Waktu penyelesaian Akta Kematian
- Akta Kematian umum kurang lebih 3 (tiga) hari.
- Akta Kematian Istimewa kurang lebih 3 (tiga) hari setelah diterima SK Walikota.

VIII. AKTA PENGAKUAN DAN PENGESAHAN ANAK
Agak berbeda dengan Akta Pencatatan Sipil biasa,maka Akta Pengakuan dan Pengesahan Anak pada dasarnya bukanlah merupakan Akta Pencatatan Sipil yang berdiri sendiri.
Asal mulanya adalah Akta Kelahiran seorang anak yang dilahirkan dari orang tua yang          belum tercatat perkawinannya pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,tetapi setelah perkawinan orang tuanya dicatatkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil            (perkawinan yang disahkan),maka anak tersebut dapat diakui dan disahkan kedudukannya  sebagai anak sah.
Pengakuan dan pengesahan anak tersebut tercantum dalam Catatan Pinggir dari Akta         Kelahirannya dan tercatat pula pada Akta Perkawinan orang tuanya.

Persyaratan Pendaftaran Akta Pengakuan dan Pengesahan Anak,yaitu :
1. Akta Kelahiran anak bersangkutan.
2. Akta Perkawinan orang tuanya.
3. Foto copy KTP orang tuanya.
4. Kartu Keluarga orang tuanya.
5. Bagi WNI keturunan melampirkan Dokumen Kewarganegaraan RI dan ganti nama.
6. Bagi WNA melampirkan Dokumen Imigrasi dan STMD.
7. Keputusan Menteri Kehakiman RI tentang perubahan Nama kecil dan Nama Keluarga. 

IX. PERUBAHAN AKTA
Untuk mutasi data pada Akta Pencatatan Sipil,dibuat catatan pinggir pada akta yang           bersangkutan yang menerangkan adanya perubahan yang dimohonkan sendiri oleh yang     bersangkutan,karena adanya perubahan status yang bersangkutan.Misalnya perubahan       Kewarganegaraan (Naturalisasi) dan penggantian nama.
1. Persyaratan untuk perubahan status Kewarganegaraan :
- Akta asli yaitu : Akta Perkawinan atau Akta Kelahiran.
- Dokumen Warga Negara yang bersangkutan atau WNI orang tuanya.
- KK dan KTP yang bersangkutan.
2. Persyaratan untuk mendaftarkan Pencatatan Perubahan Nama.
- Akta asli yaitu : Akta Perkawinan atau Akta Kelahiran.
- Dasar perubahan yaitu :
a. Keputusan Menteri Kehakiman RI tentang Perubahan Nama Kecil dan Nama Keluarga.
b. Penetapan Pengadilan Negeri tentang Penggantian Nama Kecil.
c. KK dan KTP yang bersangkutan.
3. Waktu penyelesaian pelayanan perubahan kurang lebih 2 (dua) hari.

X. SALINAN AKTA
Yaitu kutipan Akta Pencatatan Sipil yang diberikan karena Akta Pencatatan Sipil hilang       atau rusak,meliputi :
* Salinan Akta Kelahiran.
* Salinan Akta Perkawinan.  
* Salinan Akta Perceraian.
* Salinan Akta Kematian.

1. Persyaratan  untuk pendaftaran Pencatatan Salinan Akta :
a. KTP yang bersangkutan dan orang tuanya.
b. Surat keterangan dari kepolisian tentang kehilangan.
c. Bagi WNI keturunan melampirkan bukti kewarganegaraan  dan ganti nama.
d. Bagi WNA melampirkan Dokumen Imigrasi.
2. Waktu penyelesaian Salinan Akta lebih kurang 2 (dua) hari. 



















 
     










Share

Berita Lainnya

Komentar
Kirim Komentar
Nama:
E-Mail:
Komentar:
   
Masukan kode pada gambar di atas:
  
Komentar terbaru (Belum ada komentar yang masuk)
Telepon Penting
Kebakaran113, 312011
Ambulans118
Polisi110
SAR355111
RSMH354088
 
Jajak Pendapat
Bagaimana pendapat anda tentang pelayanan yang ada di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini....?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang Baik
Tidak Tahu
 
 
Kurs Mata Uang

Data Kurs tidak bisa diambil.

 
Cuaca

Data Cuaca tidak bisa diambil.

 
SMS Online
Kirimkan pesan singkat / SMS ketik : capil <spasi> isi pesan anda kirim ke 0812-714-4000

Belum ada SMS yang dipublikasikan

 

Hemat Air

Bappenas   Visit Indonesia 2009   Pemerintah Kota Palembang   Departemen Komunikasi & Informatika RI   Portal Nasional Republik Indonesia   Departemen Dalam Negeri RI  

© 2006 - 2009 Pemerintah Kota Palembang